Chatting dan Video Call

Pengertian Chatting
        Chatting adalah Percakapan interaktif antar sesama pengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Percakapan ini bisa dilakukan dengan saling berinteraktif melalui teks, maupun suara. lihat juga chat. Berbagai aplikasi dapat digunakan untuk chatting ini, baik melalui SMS, aplikasi messenger seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, mIRC, dll.

Pengertian Video Call         
        Pada awalnya, penggunaan video call menggunakan perangkat komputer yang digabungkan dengan kabel telepon, sehingga komunikasi jarak jauh dilakukan dengan menggunakan perangkat yang banyak dan kurang fleksibel. Seiring dengan berkembangnya teknologi, perangkat-perangkat ini kemudian disederhanakan menjadi lebih sedikit dan praktis. Sekarang ini kita hanya butuh webcam, monitor, speaker, mikrofon, yang dewasa ini terintegrasi dalam satu gadget yaitu laptop. Seakan belum cukup canggih lagi, para ahli memasukkan layanan video call ini ke dalam handphone dengan teknologi 3G.

Adapun Aplikasi untuk Video Call :

- Yahoo Messenger
             Yahoo Messenger atau yang lazim disingkat YM merupakan aplikasi chatting yang juga memungkinkan kita untuk melakukan video call. Dalam aplikasi Yahoo Messenger versi terbaru, yaitu versi 11 Beta, layanan video call telah disempurnakan. Video gambar yang semula terpisah dari chat box, kini dapat dinikmati dengan video selayar penuh dengan suara kualitas tinggi. Selain dengan mengunduh aplikasi, Yahoo Messenger juga menyediakan apa yang disebut dengan layanan webmessenger. Dengan webmessenger ini kita dapat mengakses YM langsung dari browser tanpa harus menunggu lama proses unduh. Akan tetapi, dalam webmessenger, kita tidak dapat melakukan video call.

- Windows Live Messenger
              Window Live Messenger ini lebih dikenal dengan sebutan MSN. Sama halnya dengan Yahoo Messenger, MSN mengharuskan kita untuk mengunduh aplikasinya untuk kemudian digunakan untuk chatting, video call dengan kualitas tinggi (HD), dan bertukar data. Dalam versi terbarunya, Windows Live Messenger 2011 menawarkan fitur-fitur baru yang lebih canggih dan menyenangkan. Kita bisa menonton video online bersama-sama ketika melakukan video call. Selain itu, apabila sudah bosan berbicara, kita dapat bermain games yang telah disediakan bersama-sama pula. Video call kita pun terasa lebih menyenangkan.

- Oovooo
             Sebagian orang mungkin masih belum familiar dengan aplikasi yang satu ini. Namun Oovoo menawarkan layanan chatting dan video call, serta layanan group video call hingga 6 orang dalam satu waktu. Selain itu, Oovoo juga menyediakan layanan webvideocall. Dengan layanan ini, semua kerabat kita yang belum mengunduh Oovoo bisa dengan cepat ber-video call dengan kita hanya dengan mengklik link yang kita kirim untuk webvideocall tersebut. Untuk mengunduh dan menggunakan Oovoo, semuanya tidak berbayar. Namun, Oovoo memberikan penawaran-penawaran lebih bagi mereka yang bersedia membayar lebih. Fitur-fitur spesial yang ditawarkan antara lain dapat menambahkan 6 orang dalam satu percakapan, video gambar dengan resolusi tinggi, merekam gambar dan suara kapanpun kita mau, menghubungi telepon rumah atau seluler tanpa biaya tambahan lagi.

- Skype
           Kita pasti sudah sangat sering mendengar nama dari aplikasi ini. Skype paling sering digunakan untuk video call dengan kualitas suara dan gambar yang jernih dan bagus. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Skype tidak jauh berbeda dengan Oovoo karena Skype juga bisa melakukan group video call. Sama halnya juga dengan Oovoo, Skype menyediakan layanan berbayar dimana ditawarkan fitur-fitur lengkap dan spesial. Selain itu, ketika mengakses video call, kita juga bisa langsung merekam video dan juga bisa bermain games yang beragam yang telah disediakan di Extras.

Komentar

Postingan Populer